Siapakah are-me?

Foto saya
Hidup adalah perjuangan, jika Anda tak mau berjuang, maka tak usah hidup!!

Daftar Isi

22 Mei 2009

Bagaimana Strategi Memasarkan Jasa Tersebut
Yang namanya bisnis sudah pasti akan mengalami kondisi pasang surut. Ketika bisnis baru dimulai mungkin belum ada atau sedikit orang yang mengetahui keberadaan bisnis. Kemudian lambat laun bisnis makin dikenal, dan hingga mencapai peningkatan pada batas tertentu. Namun kemudian bisnis juga berpotensi mengalami masa penurunan setelah mengalami kondisi puncak tertentu. Jika bicara dalam kapasitas produk, proses yang menggambarkan hal di atas biasa disebut dengan product lifecycle atau masa kehidupan produk. Terdiri dari masa pengenalan produk, perkembangan penjualan yang pesat (kedewasaan) , kemandegan (kejenuhan), dan kemudian penurunan.Proses di atas sudah lumrah terjadi. Namun yang patut dicermati, semua proses di atas tidak berlaku sama untuk semua produk. Tidak semua produk akan mengalami semua proses tersebut. Tak jarang terjadi sebuah produk sampai pada tahap pengenalan, namun setelah itu tidak lagi ada di pasaran. Dengan arti lain umur produk sangat pendek.Nah, bagi pebisnis, sudah seharusnya mempersiapkan sebaik mungkin kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di setiap siklus dalam kehidupan produk atau jasa yang ditawarkan. Salah satunya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran yang pas untuk setiap masa kehidupan produk. Beberapa ciri bisa dicermati dalam siklus produk. Pada masa perkenalan biasanya penjualan produk sangat lambat berubah, dan laba mungkin belum ada
4 karena banyaknya biaya yang harus dikeluarkan untuk alat-alat penjualan. Pada masa pertumbuhan penjulalan amat cepat meningkat dan diikuti pula oleh peningkatan laba. Sementara pada masa kedewasaan penjualan hanya sedikit mengalami kenaikan dan cenderung stabil, lalu mencapai titik tertinggi. Sesudahnya diikuti masa kejenuhan yaitu pada masa penjualan tidak lagi mengalami peningkatan (stabil). Masa terakhir adalah masa penurunan dan merosotnya laba sampai titik nol.Suad Husnan dan Suwarsono pada bab strategi optimasi marketing mix dalam sebuah buku mereka menulis bahwa pada setiap masa kehidupan produk sebuah buku mereka menulis bahwa pada setiap masa kehidupan produk memiliki kombinasi urutan prioritas marketing mix (bauran pemasaran). Berikut ini kombinasi urutan prioritas marketing mix yang bisa diterapkan pada setiap masa kehidupan produk.

Tidak ada komentar: